Kamis, 09 September 2010

TIGA ORANG MENJADI HARIMAU

Rumor yang tersebar luas dapat diyakini sebagai kebenaran

Kisah ini terjadi pada periode Negara berperang ( 475-221 SM ).Saat itu Negara Wei membuat kesepakatan dengan negara Zhao untuk membentuk persekutuan. Dalam perjanjian itu disepakati bahwa raja Wei akan mengirim putranya kenegara Zhao sebagai pengawas untuk menghindari kecurigaan di antara kedua negara Pang Cong adalah seorang pejabat dari negara Wei yang ditunjuk untuk menemani pangeran ke negara Zhao.
Sebelum berangkat, Pang Cong bertanya kepada raja ,” jika seseorang berkata kepada Baginda bahwa ada harimau di kota , apakah Baginda percaya ? “
“Tentu tidak, “ jawab raja dengan tegas.
“jika orang kedua mengatakan ada harimau dikota ,apakah Baginda percaya?”
“Saya mulai ragu ,kata Raja
Kemudian Pang berkata lagi ,”Bagaimana jika ada orang ketiga mengatakan ada harimau dikota ?“
Setelah berpikir sejenak ,raja berkata,”Ya,saya akan mercayai berita tersebut.”
Kemudian Pang Cong menjelaskan kepada raja bahwa sebenernya ia merasa khawatir,saat dirinya berada di negara Zhao akan ada orang-orang yang sengaja menjelek-jelekkan dirinya.Ia berharap raja dapat mengambil keputusan yang bijaksana tanpa dipengaruhi oleh oarang lain.
Raja berkata,” Jangan khawatir,saya memercayai Anda dan dapat membuat keputusan atas kebijaksanaan saya sendiri.”
Setelah Pang berangkat, apa yang dikhawatirkannya terjadi.Banyak diantara para pejabat yang tidak suka padanya, dan dengna sengaja menjelek-jelekkannamanya di depan raja.Karena ada beberapa orang yangmengatakannya, Raja mulai menaruh curiga atas loyalitas Pang.
Saat kembali dari tugasnya,Pang merasakan sikap raja kepada dirinya agak berbeda. Ia juga merasa seperti ada jurang pemisah diantara mereka berdua.
Seyakin-yakinnya orang,jika terus-menerus diusik ,keyakinannya lama-lama akan goyah juga.
Cerita Tambahan :   
Berikut kisah tentang Zeng Shen ,salah satu murid kesayangan Konghucu*.Suatu ketika ia pergi keluar kota selam beberapa hari.Pada saat yang bersamaan ada kasus pembunuhan yang di lakukan oleh orang yang kebetulan juga bernama Zeng Shen.
Orang-orang yang mendengar berita tersebut langsung memberitahu ibu Zeng Shen ,namun ia tidak memercayainya .Kemudian datang orang kedua memberitahukan hal yang sama .Walaupun masih tidak memercayainya ,namun ibu Zeng Shen mulai ragu . Lalu,datang orang ketiga dan mangatakan bahwa putranya telah membunuh orang .Pada saat itulah ia mulai kehilangan keyakinan . Akhirnya ia lari meninggalkan rumah dengan sangat seseorang ketakutan.

*seseorang ahli filsafat China yang sangat terkenal dengan ajaran moralnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar