Jumat, 08 Oktober 2010

Gaya Berat (Weight)

Setiap hari kita sering sekali mengucapkan “Berat Saya 50 kg”. Namun dalam fisika, pernyataan tersebut jelaslah salah. Mengapa?
Dalam ilmu fisika berat didefinisikan sebagai massa benda pada dikali percepatan gravitasi suatu tempat atau besar gaya tarik yang dilakukan gravitasi terhadap benda.


Benda dengan massa m kg ditarik oleh gaya gravitasi g m/s2. Besarnya gaya gravitasi di setiap tempat berbeda. Semakin jauh dari pusat bumi maka besarnya percepatan gravitasi semakin kecil atau berbanding terbalik. Maka bagaimana menentukan besar berat benda pada ketinggian h meter? Perhatikan percobaan di bawah ini !
Alat yang disiapkan
1. neraca pegas
2. tiga hingga empat atau bahkan lebih beban dengan massa yang sama
3. tali
4. pada saat melakukan percobaan pada ketinggian yang sama.
Langkah kerja
1. gantungkan beban pertama, amati angka yang ditunjukkan oleh neraca pegas.
2. kemudian, gantungkan beban kedua, amati lagi neraca pegas. Hingga semua beban tergantung. Maka akan dihasilkan skema sebagai berikut:
 
Jelas diketahui apabila semakin bagian hitam turun maka besar gaya berat semakin bertambah. Sehingga semakin banyak beban maka semakin besar gaya berat yang terbaca di neraca pegas. Sehingga massa benda sebanding dengan berat benda atau dituliskan m ∾ W. Maka berat benda dirumuskan :

Weight (W) = Massa benda x percepatan gravitasi

Massa benda = kilogram
Percepatan gravitasi = meter/sekon2
Weight = kilogram meter/sekon2 = Newton (dalam SI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar